UMRAH Sambut Mahasiswa HI Angkatan Perdana

0
18
Seluruh mahasiswa HI UMRAH angkatan 2016 berfoto bersama dengan Tim Pengajar.

Dalam rangka turut menyukseskan Masyarakat Ekonomi ASEAN dan sekaligus menimbang geostrategis Kepulauan Riau, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) resmi membuka program studi Ilmu Hubungan Internasional (HI) pada tahun akademik 2016/2017. Kehadiran jurusan baru tersebut menjadi babak baru UMRAH dalam mencetak pemimpin masa depan yang berwawasan global bagi Indonesia, khususnya di Bumi Segantang Lada.

Pada salah satu sesi acara Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Tim pengajar HI berkesempatan menyambut mahasiswa angkatan perdananya. Sedikit berbeda dengan seluruh program studi lainnya, Prodi HI UMRAH selain mengenalkan kurikulum juga memberikan tes kepribadian, bahasa Inggris, dan esai dalam PKKMB. Harapannya, para pengajar lebih mudah memetakan anak didiknya sehingga strategi penggemblengan pendidikan  dapat lebih dioptimalkan.

UMRAH berhasil menjaring 12 mahasiswa pada tahun pertama membuka jurusan HI. Dari jumlah tersebut ada satu mahasiswa yang tidak mengikuti daftar ulang sehingga dianggap mengundurkan diri. Dari 11 mahasiswa yang tersisa, sebanyak 72 persen berasal dari Provinsi Kepulauan Riau. Mulai dari Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Karimun. Selebihnya berturut-turut berasal dari  Kabupaten Indragiri Hulu (Riau), Kota Payakumbuh (Sumatera Barat), dan Kabupaten Toba Samosir (Sumatera Utara).

Untuk mempercepat peningkatan kualitas mahasiswa angkatan pertamanya, Prodi HI UMRAH memiliki program khusus. Mahasiswa diwajibkan mengikuti kelas sore (non-SKS) yang menunjang aspek Hard Skills maupun Soft Skils. Mulai dari English Course, Personal Development, Writing, IT Clinic, hingga General Discussion.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here