Beranda blog

Road To Singapura Johor Excursion

0

Ekskursi Singapura-Johor merupakan sebuah kegaitan yang dilaksanakan setiap tahun oleh Prodi Ilmu Hubungan Internasional dengan bantuan dari para mahasiswanya. kegaitan ini sendiri digagas oleh Ketua Jurusan Ilmu Hubungan Internasional yaitu Bapak Sayed Fauzan Riyadi, S.Sos. IMAS. sebagai ajang unjuk gigi para mahasiswanya dalam menghadapi dunia Internasional. Acara ini melibatkan mahasiswa semester II sebagai pesertanya dan seluruh mahasiswa dalam pencarian dana serta perencanaan kegiatannya sedangkan pihak dosen yang melakukan peninjauan lapangan. pada kegaitan ini para peserta akan diberangkatkan selama 3 hari dan 2 malam terhitung dari tanggal 15 Agustus sampai tanggal 17 Agustus, dalam perjalanan ini para mahasiswa ilmu hubungan internasional akan mengalami pengalaman langsung dalam berinteraksi dengan dunia internasional serta mendekatkan diri dengan negara-negara yang ada dalam ruang lingkup ASEAN.

Perjalanan ini sendiri akan diakhiri dengan upacara kemerdakaan yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus di kantor Konsulat Jendral Republik Indonesia Johor, Malaysia.

Implementasi Nawacita Dalam Kebijakan Luar Negeri dan Penguatan Poros Maritim Dunia

0

TANJUNGPINANG [UMRAH] – Program Studi Ilmu Hubungan Internasional kembali mengadakan Kuliah Umum dengan mengangkat tema “Implementasi Nawacita Dalam Kebijakan Luar Negeri dan Penguatan Poros Maritim Dunia”  Selasa,(20/3/2018) bertempat di Auditorium Kampus UMRAH, Dompak

Kuliah Umum ini menghadirkan Bapak Dr. Thanon Aria Dewangga, S.IP.,M.Si. selaku Staf Ahli Bidang Hukum dan Hubungan Internasional Sekretaris Kabinet Republik Indonesia sebagai narasumber

Dalam kata sambutannya, Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Bapak Sayed Fauzan Riyadi, S.Sos, IMAS, mengatakan bahwa Kuliah Umum dengan tema Nawacita Presiden ini yang ingin mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia merupakan hal yang relevan dengan visi UMRAH.

Karenanya Mahasiswa UMRAH harus memahami dan menjadi bagian dari kebijakan ini.Acara Ini kemudian dibuka dengan kata sambutan dari Wakil Rektor I Prof.Dr.rer.nat Rayandra Asyhar, M.Si.

Dalam ksambutannya Prof. Rayandra mengatakan bahwa tema yang diangkat mengenai Implementasi Nawacita Presiden Jokowi merupakan tema yang faktual karena mengingat UMRAH merupakan Universitas Maritim satu-satunya di Indonesia, diharapkan Kuliah Umum ini dapat memberikan pandangan yang baru bagi mahasiswa untuk sekaligus dapat membantu program Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla.

Dalam Kuliah Umum yang dipaparkan oleh Dr. Thanon bahwasanya melalui Program Nawacita Presiden Jokowi ini beberapa cita-cita dari 9 agenda tersebut sudah mulai berjalan yang mana pemerintah sekarang fokus dalam beberapa program prioritas seperti pangan,energi, pariwisata, maritim dan yang terakhir adalah industri (Kawasan Industri & KEK) yang mana diharapkan meningkatnya investor-investor asing ke Indonesia.

Presiden Jokowi memiliki cara tersendiri dalam menggaet investor asing dengan melakukan diplomasi-diplomasi dimana dulu Indonesia hanya bisa menerima bantuan-bantuan dari negara lain kini Indonesia giat dalam memberikan bantuan-bantuan ke negara-negara yang membutuhkan seperti Fiji dan lain-lain. Indonesia juga mempunyai tujuan agar dapat dipilih kembali menjadi Dewan Keamanan Tidak Tetap PBB untuk mewujudkannya para Duta Besar diharapkan pro aktif dalam mencari dukungan negara-negara sahabat. Keputusan presiden yang mana mencabut semua peraturan menteri yang tidak pro-investasi dan tidak mendukung ekspor juga diharapkan dapat memudahkan para investor.

Tidak hanya berfokus pada bidang investasi pemerintah juga sedang gencar-gencarnya dalam mewujudkan  Indonesia sebagai poros maritim dunia. Dalam beberapa KTT Presiden Jokowi menekankan “sebagai negara maritim, Indonesia harus menegaskan dirinya sebagai Poros Maritim Dunia, sebagai kekuatan yang berada di antara dua samudera: Samudera Hindia dan Samudera Pasifik” (Presiden Jokowi, KTT Asia Timur di Nay Pyi Daw, Myanmar, Kamis 13 November 2014).

Karena letaknya yang sangat strategis, Indonesia diharapkan untuk dapat menjadikannya sebagai kesempatan dalam perwujudannya. Indonesia juga dipercaya dapat memberikan konstribusi positif bagi keamanan dan perdamaian kawasan dan dunia sesuai dengan kepentingan nasional

Beberapa Pertanyaan dilontarkan oleh mahasiswa yang hadir dalam acara Kuliah Umum tersebut, diantaranya isu mengenai hutang-hutang Indonesia, perdagan internasional yang melibatkan Indonesia, konstelasi politik luar negri Indonesia dan sebagainya. Kuliah Umum diakhiri dengan penyerahan plakat dari pihak UMRAH melalui prodi dan penyerahan cinderamata dari pihak Sekretaris Kabinet Republik Indonesia juga berupa plakat. Serta tidak lupa ditutup dengan sesi foto bersama dengan seluruh mahasiswa dan tamu undangan.

ASEAN Series : AEC and Master Of International Relations From UNPAD

0

2 Mei 2017, mungkin merupakan hari biasa bagi beberapa orang akan tetapi,pada tanggal dan hari ini merupaka hari yang berbekas di ingatan para mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional. Dikarenakan tanggal 2 Mei 2017 merupakan Sebuah hari dimana para mahasiswa jurusan HI mendatangkan seseorang yang dapat dikatakan “Someone Special” di dalam dunia Ilmu Hubungan Internasional Indonesia dan juga seorang Guru Besa Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Padjadjaran yang tak lain adalas Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, S.IP, M.Si. dan dimoderatori oleh Bpk. Ady Muzwardy, S.IP, M.A., M.HI. kedatangan beliau bertujuan untuk memperluas pengetahuan mahasiswa FISIP UMRAH terutama mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional dalam mengatasi Masyarakat Ekonomi ASEAN atau Asean Economic Community (AEC).

Dengan cara penyampaiannya yang terbilang Fresh ditambah Joke-Joke ringan yang menyelingi pemberian materi, membuat materi yang dapat kita katakan sebagai sesuatu yang “Berat”menjadi lebih santai dan mudah dimengerti. memang, di era Masyarakat ekonomi Asean ini kita harus berkompetisi tak hanya dalam pendidikan maupun prestasi melainkan juga skill yang harus terasah dan dapat diterapka secara Realtime.

“Penyampaiannya ringan dan mudah dimengerti, serta beliau memiliki pengalaman serta prestasi yang tak perlu diragukan, sehingga membuat seluruh peserta seminar mendapatkan banyak pengetahuan baru dari penjelasan dan pemaparan beliau” tutur Sukma Liyana (18) salah satu mahasiswi Prodi Ilmu Hubungan Internasional “mendapatkan banyak pengetahuna baru terutama mengenai kiat-kiat menghadapi Masyarakat ekonomi Asean serta tata cara mengembangkan Skill-skill yang harus dimiliki dalam menghadapinya” sebut Ridwan Muis (19) Salah satu mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Maritim Raja ali haji yang mengikuti seminar ASEAN Series.

 

ASEAN Series : The Borderline Heroes

0

Rabu, 26 April 2016 merupakan hari dimana para mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji terutama, jurusan ilmu hubungan internasional mengadakan sebuah seminar informatif dengan mendatangkan seorang kepala desa, akan tetapi beliau bukanlah sekedar kepala desa biasa yang kita temui di tempat atau desa lain Bpk. Zainal Arifin, Kepala Desa Piasan Kabupaten Kepulauan Anambas, merupakan kepala desa terbaik Se-Indonesia. Acara dibuka oleh kepla jurusan ilmu hubungan Internasional yang tak lain ialah Bpk Sayed Fauzan Riyadi, S.sos, IMAS dan dimoderatori oleh Bpk. Eki Darmawan, S.Sos, M.IP.

dengan berbekal pengalaman beliau menjadi Kepala Desa Piasan yang memang tak dapat dibilang singkat dan sepak terjangnya sudah tak perlu dipertanyakan lagi. kecintaannya pada desanya serta motivasinya dalam mengembangkan infrastruktur daerah desa yang terletak di daerah perbatasan membuatnya berjerih payah membangun dan mengayomi desanya sebagai seorang pemimpin yang disegani.

  • pemberian serifikat oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu HUungan Internasional (HMHI) Yustika Anggi Sitorus Kepada Bpk. Zainal Arifin selaku Narasumber
  • Suasana Seminar pada Rabu, 26 April 2017
  • Bpk. Zainal Arifin selaku Narasumber menjelaskan Sepak Terjangnya di dunia Kepemimpinan desa
  • Pak Sayed Fauzan Riyadi, S.Sos, IMAS Selaku KAPRODI Ilmu Hubungan Internasional Memberikan Kata Sambutan Pada Seminar Asian Series

“Beliau merupakan sosok yang sangat inspiratif” sebut Jaya Hermawan(19) salah satu mahasiswa prodi Ilmu Hubungan Internasional, “Orang yang sangat berpengalaman yah, beliau merupakan panutan bagi kepala desa lain walaupun berada di daerah perbatasan yang jauh dari ibukota” ucap Yustika Anggi (18) . kedatangan belia tak hanya meninggalkan kesan yang indah dan berbekas melainkan ia juga menitipkan bara api semangat juang yang membara bagi para pemuda dan pemudi di daerah perbatasan untuk terus berjuang walaupun berada di tempat yang jauh dari keramaian dan pusat pemerintahan

-Sukses terus Pak Zainal Arifin!!

HI Goes To School: “The Archipelago Expedition”

0

HI Goes To School, ialah sebuah program yang diberlakukan oleh Kepala Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (HI) Universitas Mariti Raja Ali Haji (UMRAH) yang dilaksanakan pada 11 Januari 2017 sampai 11 Februari 2017. Program ini bertujuan untuk mengenalkan jurusan terbaru dari Universitas Maritim Raja Ali Haji yaitu Ilmu Hubungan Internasional, dimana dalam event ini jurusan mendelegasikan mahasiswa baru ilmu hubungan internasional untuk melakukan Sosialisasi ke beberapa Sekolah Menengah Akhir (SMA) di berbagai daerah. “dalam event ini, para delegasi tidak hanya mempresentasikan tentang Fasilitas yang tersedia di jurusan yang kami dalami (Ilmu Hubungan Internasional) akan tetapi kami juga harus memberikan gambaran awal tentang Ilmu Hubungan Internasional kepada para siswa SMA” ucap Agung Setiawan, salah satu mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional.

  • Presentasi di SMA Regional Tanjung Pinang
    Presentasi di SMA Regional Tanjung Pinang
    oleh Jaya Hermawan, Agung Setiawan, Cahyo winedar dan M Dika Pratama sebagai delegasi dari jurusan Ilmu Hubungan Internasional
  • Presentasi di SMA Regional Tanjung Pinang
    Presentasi di SMA Regional Tanjung Pinang
    oleh Jaya Hermawan, Agung Setiawan, Cahyo winedar dan M Dika Pratama sebagai delegasi dari jurusan Ilmu Hubungan Internasional
  • Presentasi di SMA Regional Tanjung Pinang
    Presentasi di SMA Regional Tanjung Pinang
    oleh Jaya Hermawan, Agung Setiawan, Cahyo winedar dan M Dika Pratama sebagai delegasi dari jurusan Ilmu Hubungan Internasional
  • Presentasi di SMA Regional Padang
    Presentasi di SMA Regional Padang
    Oleh Ardhina Khairunnisa sebagai delegasi dari jurusan Ilmu Hubungan Internasional
  • Presentasi di SMA Regional Tanjung Balai Karimun
    Presentasi di SMA Regional Tanjung Balai Karimun
    Oleh Sukma Liyana Alma Suwari, Aziyan Armiyanti, dan Lapandi sebagai delegasi dari jurusan Ilmu Hubungan Internasional
  • Presentasi di SMA Regional Tanjung Balai Karimun
    Presentasi di SMA Regional Tanjung Balai Karimun
    Oleh Sukma Liyana Alma Suwari, Aziyan Armiyanti, dan Lapandi sebagai delegasi dari jurusan Ilmu Hubungan Internasional
  • Presentasi di SMA Regional Batam
    Presentasi di SMA Regional Batam
    Oleh Yustika Anggi Sitorus, Titi Ramadanti, dan Rio Partogi Siahaan sebagai delegasi dari jurusan Ilmu Hubungan Internasional
  • Presentasi di SMA Regional Batam
    Presentasi di SMA Regional Batam
    Oleh Yustika Anggi Sitorus, Titi Ramadanti, dan Rio Partogi Siahaan sebagai delegasi dari jurusan Ilmu Hubungan Internasional

Event ini mungkin dapat disebut sebagai “Archipelago Expedition” kenapa?, hal ini sesuai dengan tempat sosialisasi  yang dituju oleh mahasiswa yang terbilang “Terpencar” dikarenakan mereka harus melakukan sosialisasi di pulau yang berbeda-beda seperti Bintan, Tanjung Balai Karimun, Batam, Padang, dll. “Bisa dapat pengalaman baru yang menyenangkan serta melatih kemampuan Public Speaking” ucap Ardhina Khairunnisa slah satu Mahasiswa jurusan Ilmu Hubungan Internasional.

Prodi HI UMRAH Datangkan Praktisi Diplomasi dari Jakarta

0
Jpeg

Sebagai upaya akselerasi peningkatan soft skill mahasiswa, Program Ilmu Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji menggelar sejumlah program di tahun pertamanya. Mulai dari English Course, Writing Clinic, Personal Development Class, Public Speaking Challenge, Comprehensive Reading, hingga Inspiration Talk. Pada Jumat (16/12/2016) misalnya. Program Studi terbaru di jajaran FISIP Kampus Dompak tersebut menggelar Inspiration Talk dengan mendatangkan seorang praktisi diplomasi dari Jakarta – Edrida Azhari Pulungan, M.Si.

Kegiatan yang berdurasi 120 menit ini diawali dengan sambutan dan pantun oleh Sekretaris Program Studi Hubungan Internasional Bapak Agung Setiyo Wibowo, M.Si. Dalam sambutannya, beliau mengharapkan segenap peserta yang hadir untuk mengambil hikmah dan meneladani rekam jejak karir sang pembicara.

Dalam paparannya, Edrida Azhari Pulungan yang sehari-hari aktif sebagai Government Relations dan Speech Writer di Sekretariat Jenderal DPD RI Senayan itu menceritakan perjuangannya selama menjadi mahasiswa di dua perguruan tinggi ternama di Kota Medan. Kemudian, membeberkan rahasia keberhasilan dirinya meraih beasiswa di Amerika Serikat, mengikuti Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA), menjadi aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), menjadi legenda English Debating Society (EDS), sukses berkarir di Ibukota, hingga menulis lebih dari 22 buku – termasuk sebuah kumpulan puisi yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Turki.

Selanjutnya, perempuan yang meraih Double Degree jenjang S2 di Universitas Paramadina dan Universitas Indonesia itu memotivasi para mahasiswa HI angkatan pertama untuk terus mengaktualisasikan diri mereka. Sehingga, Sesi Tanya-Jawab pada kegiatan tersebut begitu “hidup”.

“Di era sekarang, diplomasi tidak lagi dimonopoli oleh aktor non-negara. Masyarakat biasa seperti seniman, penulis, pengusaha, mahasiswa, dan seluruh profesional kini dapat mengambil peran yang sama. Itulah yang dinamakan dengan Multi-Track Diplomacy. Seperti saya sendiri yang mempopulerkan budaya Indonesia ke kancah dunia melalui jalur sastra.” Ujar Edrida dengan penuh antusias.

Kemudian, Prodi Ilmu Hubungan Internasional menyerahkan Certificate of Appreciation kepada pembicara secara simbolis. Di akhir acara, segenap peserta berfoto bersama dengan pembicara dan ramah-tamah.

HI UMRAH Adakan FGD Maritime Governance

0
Jpeg

 

Sebagai institusi yang berciri khas kemaritiman, Program Studi Hubungan Internasional konsisten mengadakan berbagai program yang sejalan dengan visi Universitas Maritim Raja Ali Haji. Setelah menggelar Kuliah Dosen Tamu bertema “Peran dan Tantangan Pelaut Indonesia dalam Diplomasi Maritim” di hari sebelumnya, pada Jumat (12/12/2016) telah sukses diselenggarakan Forum Group Discussion (FGD).

Adalah FGD yang mengusung tema “Penjabaran Maritime Governance dalam Riset dan Kerjasama bagi UMRAH” dengan pembicara Bapak Siswanto Rusdi, Direktur The National Maritime Institute. Pada kesempatan itu dihadiri oleh para pengajar dari seluruh program studi di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Mulai dari Program Studi Ilmu Pemerintahan, Program Studi Sosiologi, Program Studi Ilmu Hukum, dan Program Studi Ilmu Administrasi Negara.

FGD yang bertempat di Ruang Rapat Lantai 3 Kampus FISIP UMRAH Dompak itu diawali dengan pembahasan konsep kemaritiman mutakhir. Kemudian berturut-turut membahas tentang tantangan diskursus Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, positioning Kepulauan Riau sebagai provinsi kemaritiman sekaligus perbatasan, peran UMRAH sebagai institusi bercirikhas kemaritiman, dan peluang kerjasama dan riset di bidang kemaritiman.

Inspiration Talk with Edrida Pulungan

0

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional dengan bangga mempersembahkan

Inspiration Talk with Edrida Pulungan

Jumat, 16 Desember 2016  | Ruang Kelas Prodi HI UMRAH | 16.00 WIB – selesai

Edrida Pulungan akan berbagi eksklusif dengan mahasiswa HI mengenai rekam jejaknya sendiri sebagai:

  • Peraih Double Degree S1 & S2 (Manajemen, Pendidikan Bahasa Inggris, Hubungan Internasional, dan Sosiologi)
  • Government Relations Sekretariat Jenderal DPD RI Jakarta
  • Alumni Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA)
  • Penulis 22 buku. Salah satu novelnya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Spanyol, dan Turki
  • Kolumnis Tabloid Inspirasi ASEAN
  • Juara 1 Lomba Cipta Puisi Watch Forest Indonesia & Poetry Slam Goethe Institute
  • Sastrawati, penulis, pembicara, aktivis, beswan dan inspirator di tingkat nasional dan internasional
  • Praktisi diplomasi kontemporer

 

Kuliah Dosen Tamu: Siswanto Rusdi, Direktur The National Maritime Institute

0

 

Program Studi Hubungan Internasional FISIP Universitas Maritim Raja Ali Haji menyelenggarakan Kuliah Dosen Tamu dengan tema “Peran dan Tantangan Pelaut Indonesia dalam Diplomasi Maritim”. Kegiatan ini mendatangkan Bapak Siswanto Rusdi (Direktur The National Maritime Institute). 

Tempat: Ruang 01 Kampus FISIP UMRAH Dompak, Tanjungpinang

Pukul: 09.00-12.00 WIB

Hari/Tanggal: Kamis, 1 Desember 2016

 

UMRAH Sambut Mahasiswa HI Angkatan Perdana

0
Seluruh mahasiswa HI UMRAH angkatan 2016 berfoto bersama dengan Tim Pengajar.

Dalam rangka turut menyukseskan Masyarakat Ekonomi ASEAN dan sekaligus menimbang geostrategis Kepulauan Riau, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) resmi membuka program studi Ilmu Hubungan Internasional (HI) pada tahun akademik 2016/2017. Kehadiran jurusan baru tersebut menjadi babak baru UMRAH dalam mencetak pemimpin masa depan yang berwawasan global bagi Indonesia, khususnya di Bumi Segantang Lada.

Pada salah satu sesi acara Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), Tim pengajar HI berkesempatan menyambut mahasiswa angkatan perdananya. Sedikit berbeda dengan seluruh program studi lainnya, Prodi HI UMRAH selain mengenalkan kurikulum juga memberikan tes kepribadian, bahasa Inggris, dan esai dalam PKKMB. Harapannya, para pengajar lebih mudah memetakan anak didiknya sehingga strategi penggemblengan pendidikan  dapat lebih dioptimalkan.

UMRAH berhasil menjaring 12 mahasiswa pada tahun pertama membuka jurusan HI. Dari jumlah tersebut ada satu mahasiswa yang tidak mengikuti daftar ulang sehingga dianggap mengundurkan diri. Dari 11 mahasiswa yang tersisa, sebanyak 72 persen berasal dari Provinsi Kepulauan Riau. Mulai dari Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Karimun. Selebihnya berturut-turut berasal dari  Kabupaten Indragiri Hulu (Riau), Kota Payakumbuh (Sumatera Barat), dan Kabupaten Toba Samosir (Sumatera Utara).

Untuk mempercepat peningkatan kualitas mahasiswa angkatan pertamanya, Prodi HI UMRAH memiliki program khusus. Mahasiswa diwajibkan mengikuti kelas sore (non-SKS) yang menunjang aspek Hard Skills maupun Soft Skils. Mulai dari English Course, Personal Development, Writing, IT Clinic, hingga General Discussion.

Update