Profil Lulusan

Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Hubungan Internasional Universitas Maritim Raja Ali Haji disiapkan untuk menjadi profesional di beberapa bidang sesuai dengan peminatan masing-masing, Mulai dari ranah pendidikan, bisnis, diplomasi, sosial, media, hingga kewirausahaan.

No Profil Pilihan Profesi
1 Akademisi Dosen, Analis, Peniliti
2 Analis Kebijakan Strategis Analis, Praktisi, Manajer
3 Analis Kebijakan Ekonomi Analis, Praktisi, Manajer
4 Praktisi Diplomasi Analis, Praktisi, Manajer
5 Aktivis Sosial Praktisi LSM, Analis, Manajer

 

  1. Akademisi

Profil ini mengedepankan penguasaan pengetahuan teoritis Ilmu HI, baik kritis maupun kontemporer sebagai dasar analisa. Dari sisi keterampilan khusus profil ini memiliki kemampuan untuk menjalankan metodologi dan penyusunan kajian ilmiah dengan menggunakan pendekatan etnografi dalam melihat dinamika internasional. Profesi yang dapat dijalankan antara lain sebagai dosen atau tenaga pengajar. Kemudian sebagai peneliti pada lembaga pemerintah, thnik tank, maupun lembaga kajian lainnya. Profesi lainnya juga termasuk penyusun kebijakan internasional publik maupun privat.

  1. Analis Kebijakan Strategis:

Profil ini mengedepankan penguasaan pengetahuan yang mendalam di bidang kajian pertahanan keamanan atau kajian strategis internasional. Dengan bekal pengetahuan yang demikian, profil ini akan memiliki kemampuan analisa strategis yang lebih komprehensif. Profesi yang dapat dijalankan meliputi analis resiko pada perusahaan, bagian dari manajer divisi operasional perusahaan. Selain itu juga dapat menjalani profesi sebagai peneliti dan penyusun kebijakan strategis di institusi publik maupun privat.

  1. Analis Kebijakan Ekonomi

Profil ini memiliki fokus yang lebih dalam pada penguasaan pengetahuan ekonomi politik internasional.  Fokus penguasaan pengetahuan dan kemampuan khusus profil ini berkaitan dengan ekonomi ASEAN dan ekonomi maritim. Contoh profesi yang dapat dijalankan misalnya manajer pada perusahaan internasional, analis perdagangan, analis ekonomi internasional, dan peneliti pada lembaga publik maupun privat.

  1. Praktisi Diplomasi

Profil ini mengedepankan penguasaan pengetahuan dan kemampuan khusus yang berkaitan dengan diplomasi dan negosiasi. Profesi yang dapat dijalankan adalah diplomat, atau sebagai government relations dan negosiator pada lembaga publik dan privat.

  1. Aktivis Sosial

Profesi ini mengandalkan penguasaan pengetahuan akan jaringan serta kondisi kerja LSM dan lembaga kemanusiaan global. Penekanan keterampilan khusus adalah pada kemampuan advokasi global. Profesi yang dapat dijalankan meliputi tenaga profesional pada LSM dan lembaga kemanusiaan global, manajer Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan, dan penyusun kebijakan sosial budaya pada lembaga publik maupun privat.

Program Studi Hubungan Internasional FISIP UMRAH | Website developed by ICT UMRAH