Indonesian Maritime History, a new point of view

0
62

Mengacu pada kamus besar Bahasa Indonesia kata maritim diartikan sebagai hal yang berkenaan dengan laut atau berhubungan dengan perdagangan dan pelayaran dan di laut. Istilah maritim sering digunakan untuk terminologi kelautan. Bila suatu negara dikatakan negara maritim, maka negara tersebut memiliki daerah teritorial laut yang lebih luas dibandingkan daratannya. Dapat diartikan juga bahwa negara maritim ini memiliki banyak pulau. Selain itu juga negara maritim memiliki wilayah kekuasaan laut yang luas dan tersimpan berbagai kekayaan sumber daya alam.
Prof. Dr. Susanto Zuhdi sebagai pemateri dalam seminar jurusan ilmu hubungan internasional fisip umrah tentang sejarah maritim juga menuturkan bahwa Indonesia sebagai negara maritim memiliki 17.504 pulau. Selain itu, dua pertiga wilayahnya merupakan lautan sehingga memungkinkan Indonesia untuk memiliki angkatan lautnya sendiri. Dengan luas wilayah tersebut juga tentunya menyimpan banyak potensi sumber daya alam dari laut.
Jika menelisik sedikit tentang sejarah Indonesia pernah mencapai masa keemasan di bidang maritim pada zaman kerajaan Sriwijaya, Majapahit, dan Kerajaan Islam. Bahkan sejak Kerajaan Kutai (abad ke-4), masyarakat Indonesia sudah memanfaatkan laut untuk aktivitas perdagangan dan pelayaran. Selain di masa-masa kerajaan, pada masa penjajahan juga terdapat banyak pertempuran yang terjadi di laut. Pertempuran ini melibatkan angkatan laut Indonesia dengan angkatan laut penjajah.
Dalam sejarah, tertuliskan pahlawan-pahlawan bahari seperti Fatahillah, Sultan Iskandar Muda Hasanudin, Komodor Yos Sudarso dan sebagainya. Perjuangan di bidang kemaritiman dilanjutkan pasca kemerdekaan yaitu dalam mengukuhkan Indonesia sebagai negara kepulauan. Hal tersebut dituliskan dalam Deklarasi Juanda. Dengan diangkatnya kembali sektor kemaritiman oleh Presiden Joko Widodo, diharapkan Indonesia mampu kembali berjaya. Bahkan sebagai negara kepulauan terbesar, Indonesia berpotensi menjadi negara poros maritim dunia. Poros Maritim Dunia bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang besar, kuat, dan makmur melalui pengembalian identitas Indonesia sebagai bangsa maritim, pengamanan kepentingan dan keamanan maritim, memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan ekonomi Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here