Akreditasi merupakan tuntutan wajib dari pemerintah kepada perguruan tinggi. Tuntutan ini diatur dari UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 61. Dengan akreditasi ini, menjadi upaya pemerintah menjamin mutu suatu lembaga pendidikan oleh lembaga yang independen, disini BAN-PT. Angka akreditasi merupakan bukti bahwa kegiatan pendidikan dan pengajaran sudah sesuai dengan standar jaminan mutu.

Klasifikasi program studi atau perguruan tinggi ini akan dibagi kedalam bebrapa nilai, yaitu: C, B, atau A. Dengan nilai A sebagai patokan standar jaminan mutu tertinggi, dan nilai ini akan menjadi asset penting bagi perguruan tinggi atau program studi. Selain itu nilai akreditasi bisa jadi tolak ukur kelayakan lulusan yang dihasilkan.

Menindaklanjuti hal tersebut maka, pada hari Selasa 19/2/2019 telah dilakukan rapat koordinasi antara tim penyusun Borang Akreditasi Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universits Maritim Raja Ali Haji dengan perwakilan Tim Penjaminan Mutu Universitas Maritim Raja Ali Haji terkait kesiapan Akreditasi. Beberapa poin penting yang menjadi catatan diantaranya :

1. melakukan review Prinsip Dasar Penyusunan Borang

Penyusunan Borang Akreditasi Prodi Ilmu Hubungan Internasional dilakukan sesuai dengan konsep dan falsafah yang melandasi layanan akademik dan profesional perguruan tinggi, serta manajemen Perguruan Tinggi;

2. Pemahaman atas 7 Standar Akreditasi

7 Standar pada Borang Akreditasi terdiri atas beberapa elemen penilaian (parameter/indikator kunci) yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengukur dan menetapkan mutu dan kelayakan kinerja;

3. Meninjau kelemahan – kelemahan

Dalam kesempatan ini Bapak Rozeff Pramana, S.T., M.T dari tim penjaminan mutu memberikan masukan terhadap beberapa poin dari 7 standar instrumen Akreditasi BAN PT yang menjadi unsur pokok penilaian, serta beliau juga berharap agar Borang yang telah disusun agar dapat segera di upload.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here