Penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) Prodi HI UMRAH mengacu kepada tiga hal. Pertama, Lampiran Permendikbud nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk aspek sikap dan keterampilan umu. Kemudian kedua, untuk aspek penguasaan pengetahuan dan keterampilan khusus, mengacu pada hasil Lokakarya Nasional Kurikulum Program Studi HI Jenjang Sarjana dengan tema “Memperkuat Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Prodi HI Se-Indonesia dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk Kualitas Sumberdaya Manusia yang Berintegritas dan Berdayasaing.” Lokakarya yang diselenggarakan pada tanggal 3 sampai 4 Juni 2014 ini diselenggarakan atas kerjasama antara Departemen Ilmu Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Indonesia dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII). Ketiga, adanya perumusan penambahan pada aspek penguasaan pengetahuan dan keterampilan khusus berdasarkan kebutuhan profil lulusan. Adapun deskripsi CP yang hendak dicapai adalah:

 

Tabel 1. Deskripsi dan Sumber Capaian Pembelajaran Prodi HI UMRAH

NOCAPAIAN PEMBELAJARANSUMBER
A. ASPEK SIKAP
1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religiusLampiran Permendikbud nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
3berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
4berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
5menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
6bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
7taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
8menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
9menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
10menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
B. ASPEK PENGUASAAN PENGETAHUAN
1Menguasai teori, konsep, dan metodologi ilmu hubungan internasionalLokakarya Nasional Kurikulum Program Studi HI Jenjang Sarjana, Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII), Depok 3-4 Juni 2014
2Menguasai aspek politik, ekonomi dan sosial-budaya serta keterkaitan antara aspek-aspek dalam konteks hubungan internasional
3Menguasai dinamika kawasan dan globalisasi
4Menguasai isu-isu, aktor dan proses dalam hubungan internasional
5Menguasai dinamika internal dan regional Asia TenggaraRumusan Prodi HI  UMRAH
6Menguasai aspek maritim dalam hubungan internasional
C. ASPEK KETERAMPILAN UMUM
1mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis,
dan inovatif dalam konteks pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Lampiran Permendikbud nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
2mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan
terukur
3mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
4menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
5mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
6mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
7mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
8mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
9mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
D. ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS
1Mampu menganalisis permasalahan internasional baik di tingkat lokal, nasional, regional, maupun globalLokakarya Nasional Kurikulum Program Studi HI Jenjang Sarjana, Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII), Depok 3-4 Juni 2014
2Mampu mengidentifikasi kepentingan nasional Indonesia serta memahami posisinya dalam menganalisis fenomena internasional
3Mampu menganalisis dinamika kebijakan luar negeri dan diplomasi Indonesia
4Mampu mengelola penelitian ilmiah tentang isu-isu hubungan internasional
5Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar dan teknik negosiasi dan diplomasi
6Mampu menggunakan teknologi informasi dalam menganalisis isu-isu internasional
7Mampu mengekspresikan pemikiran dan argumentasi secara lisan dan tulisan dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Inggris
8Mampu menggunakan minimal satu bahasa resmi internasional
9Mampu menganalisis dinamika hubungan internasional di Asia Tenggara dan ASEANRumusan Prodi HI  UMRAH
10Mampu menganalisis dinamika hubungan internasional berbasis kemaritiman
11Mampu mengevaluasi perkembangan ilmu dan teori Hubungan Internasional
12Mampu mengevaluasi dinamika keamanan internasional
13Mampu mengevaluasi dinamika ekonomi politik internasional
14Mampu mengevaluasi dinamika masyarakat transnasional
15Mampu menggunakan, menganalisis dan mengevaluasi praktik diplomasi