Kompetensi Lulusan

Penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) Prodi HI UMRAH mengacu kepada tiga hal. Pertama, Lampiran Permendikbud nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk aspek sikap dan keterampilan umu. Kemudian kedua, untuk aspek penguasaan pengetahuan dan keterampilan khusus, mengacu pada hasil Lokakarya Nasional Kurikulum Program Studi HI Jenjang Sarjana dengan tema “Memperkuat Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Prodi HI Se-Indonesia dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk Kualitas Sumberdaya Manusia yang Berintegritas dan Berdayasaing.” Lokakarya yang diselenggarakan pada tanggal 3 sampai 4 Juni 2014 ini diselenggarakan atas kerjasama antara Departemen Ilmu Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Indonesia dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII). Ketiga, adanya perumusan penambahan pada aspek penguasaan pengetahuan dan keterampilan khusus berdasarkan kebutuhan profil lulusan. Adapun deskripsi CP yang hendak dicapai adalah:

 

Tabel 1. Deskripsi dan Sumber Capaian Pembelajaran Prodi HI UMRAH

NO CAPAIAN PEMBELAJARAN SUMBER
A. ASPEK SIKAP
1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius Lampiran Permendikbud nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
3 berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
4 berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
5 menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
6 bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
7 taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
8 menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
9 menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
10 menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
B. ASPEK PENGUASAAN PENGETAHUAN
1 Menguasai teori, konsep, dan metodologi ilmu hubungan internasional Lokakarya Nasional Kurikulum Program Studi HI Jenjang Sarjana, Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII), Depok 3-4 Juni 2014
2 Menguasai aspek politik, ekonomi dan sosial-budaya serta keterkaitan antara aspek-aspek dalam konteks hubungan internasional
3 Menguasai dinamika kawasan dan globalisasi
4 Menguasai isu-isu, aktor dan proses dalam hubungan internasional
5 Menguasai dinamika internal dan regional Asia Tenggara Rumusan Prodi HI  UMRAH
6 Menguasai aspek maritim dalam hubungan internasional
C. ASPEK KETERAMPILAN UMUM
1 mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis,
dan inovatif dalam konteks pengembangan atau
implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Lampiran Permendikbud nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
2 mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan
terukur
3 mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
4 menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
5 mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
6 mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
7 mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
8 mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
9 mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
D. ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS
1 Mampu menganalisis permasalahan internasional baik di tingkat lokal, nasional, regional, maupun global Lokakarya Nasional Kurikulum Program Studi HI Jenjang Sarjana, Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII), Depok 3-4 Juni 2014
2 Mampu mengidentifikasi kepentingan nasional Indonesia serta memahami posisinya dalam menganalisis fenomena internasional
3 Mampu menganalisis dinamika kebijakan luar negeri dan diplomasi Indonesia
4 Mampu mengelola penelitian ilmiah tentang isu-isu hubungan internasional
5 Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar dan teknik negosiasi dan diplomasi
6 Mampu menggunakan teknologi informasi dalam menganalisis isu-isu internasional
7 Mampu mengekspresikan pemikiran dan argumentasi secara lisan dan tulisan dalam bahasa Indonesia dan/atau bahasa Inggris
8 Mampu menggunakan minimal satu bahasa resmi internasional
9 Mampu menganalisis dinamika hubungan internasional di Asia Tenggara dan ASEAN Rumusan Prodi HI  UMRAH
10 Mampu menganalisis dinamika hubungan internasional berbasis kemaritiman
11 Mampu mengevaluasi perkembangan ilmu dan teori Hubungan Internasional
12 Mampu mengevaluasi dinamika keamanan internasional
13 Mampu mengevaluasi dinamika ekonomi politik internasional
14 Mampu mengevaluasi dinamika masyarakat transnasional
15 Mampu menggunakan, menganalisis dan mengevaluasi praktik diplomasi